Hectortrade Community
Hectortrade Community
Hectortrade Community
Hectortrade Community
Hectortrade Community

62 Istilah Dalam Blockchain

Istilah istilah dalam blockchain sebagai teknologi di balik mata uang kripto. Berikut ini adalah istilah istilahnya 


 1. Addresses

Addresses merupakan alamat yang digunakan untuk menerima dan mengirim transaksi di jaringan kripto. Alamat tersebut berupa gabungan dari beberapa karakter alfanumerik. Ada pula yang menggunakan kode QR atau Quick Response yang dapat di-scan.

2. Agreement Ledgers

Agreement Ledgers Yaitu buku besar (ledger) yang digunakan oleh dua atau lebih pihak untuk bernegosiasi dan mencapai kesepakatan. Buku ini didistribusikan ke seluruh jaringan.

3. Altcoin

Altcoin Ialah singkatan dari Alternative Bitcoin atau koin selain Bitcoin dengan modifikasi Blockchain-nya. Saat ini, mayoritas Altcoin adalah Fork Bitcoin dengan sedikit perubahan pada algoritma Proof-of-Work (POW) dari Blockchain Bitcoin. Altcoin yang paling menonjol adalah Litecoin, Ethereum (ETH) dan Ripple (XRP).

4. Attestation Ledgers

Attestation Ledgers Adalah buku besar yang memberikan catatan pAttestation Ledgerserjanjian, komitmen, atau pernyataan selama ekosistem jaringan masih hidup. Ledger ini memberikan bukti (pengesahan) bahwa kesepakatan, komitmen, atau pernyataan telah dibuat. Buku ini terdistribusi dan hanya bisa diedit oleh pihak yang berkepentingan dalam transaksi.

5. ASIC

Asic Yaitu Chip yang dirancang khusus untuk melakukan tugas tertentu dalam jaringan komputer. Dalam kasus kriptografi, ASIC dirancang untuk memproses masalah hashing SHA-256 dalam kegiatan pertambangan Bitcoin.

6.Bitcoin

Bitcoin merupakan mata uang kripto yang paling terkenal saat ini. Diciptakan berdasarkan algoritma Blockchain Proof-Of-Work (POW).

7. Blockchain

Blockchain ialah buku besar yang terdistribusi  pada jaringan kripto. Buku ini terdiri dari data yang tidak dapat diubah, dan direkam secara digital dalam kelompok-kelompok yang disebut blok. Setiap blok kemudian dihubungkan dengan Chain (dirantai) ke blok berikutnya menggunakan Signature (tanda kerja) kriptografi. 

8. Block Ciphers

Block ciphers merupakan metode yang digunakan untuk enkripsi teks dengan algoritma, dan diterapkan pada blok data sekaligus sebagai satu kelompok; bukan satu bit pada satu satuan waktu.

9. Block Height

Mengacu pada jumlah blok yang dihubungkan dalam suatu rantai blok.

10. Block Reward

Block Reward yaitu penghargaan atau bayaran untuk penambang yang telah berhasil menghasilkan sebuah blok baru. Pemberian imbalan dapat berupa koin atau dana, tergantung pada kebijakan yang digunakan oleh kripto terkait. Reward untuk jaringan Bitcoin saat ini adalah 25 BTC untuk setiap blok.

11. Central Ledger

Buku besar yang dikelola oleh agen pusat pada jaringan kripto.

12. Chain Linking

Chain linking merupakan proses menghubungkan 2 Blockchain satu sama lain, yang memungkinkan transaksi antar Chain berlangsung. Ini akan memungkinkan koin seperti Bitcoin untuk 'berkomunikasi' dengan mata uang kripto lainnya, sehingga pertukaran nilai aset dapat dilakukan.

13. Cipher

Cipher iyalah algoritma yang digunakan untuk enkripsi maupun deskripsi informasi.

14. Confirmation

Tanda jika suatu transaksi telah diverifikasi pada Blockchain. Setelah transaksi selesai di konfirmasi dan tercatat di ledger Blockchain, detail transaksi tersebut tidak dapat diubah maupun diretas. Semakin banyak konfirmasi transaksi yang terjadi, semakin sulit untuk melakukan peretasan.

15. Consensus

Consensus yaitu tanggung jawab (keputusan) bersama untuk mempertahankan penggunaan ledger terdistribusi, ataupun menentukan suatu nilai dan kesepakatan.

16. Consorsium Blockchain

Consorsium blockhain merupakan sebuah Blockchain dengan proses konsensus yang dikontrol oleh sekumpulan Nodes pilihan. Sebagai contoh, Anda bisa membayangkan sebuah konsorsium dari 15 lembaga keuangan, yang masing-masing mengoperasikan sebuah simpul. Lalu, 10 di antaranya harus memastikan validasi setiap bloknya.

17. Cryptoanalysis

Cryptoanalysis Ialah studi tentang metode untuk mendapatkan sebuah informasi yang ter-enkripsi, tanpa akses ke informasi rahasia yang diperlukan.

18. Cryptocurrency

Cryptocurrency yaitu mata uang digital berdasarkan perhitungan matematis. Sering juga disebut mata uang kripto, dengan teknik enkripsi yang digunakan untuk mengatur satuan mata uang dan verifikasi transfer dana.

19. Cryptography

Cryptography merupakan proses enkripsi dan dekripsi informasi.

20. D-app

D-app merupakan Aplikasi terdesentralisasi yang bersifat Open-Source. Dapat beroperasi secara mandiri, tanpa kendali dari entitas manapun dalam internalnya.

21. DAO (Decentralized Autonomous Organization)

DAO (Decentralized Autonomous Organization) Yaitu Dapat dianggap sebagai korporasi yang dijalankan tanpa keterlibatan manusia dan tidak dapat dirusak.

22. DAO (Organisasi)

 DAO (Organisasi) Yaitu dana modal ventura yang dibangun di atas basis blockchain Ethereum. DAO inilah yang menyebabkan Fork Ethereum Classic atas insiden hacking pada tahun 2016 lalu.

23. Decryption

Decription merupakan proses mengubah teks yang telah di enkripsi kembali seperti semula.

24. Digital Identity

Digital identity yaitu identitas online atau jaringan yang digunakan di dunia maya (internet) oleh seseorang, organisasi, ataupun perangkat elektronik.

25. Distributed Ledgers

Distributed ledgers merupakan jenis database yang tersebar di beberapa situs, negara atau institusi. Catatan disimpan satu demi satu dalam buku besar dan berkesinambungan (terus-menerus). Data pada buku besar terdistribusi dapat diatur pilihan visibility-nya, apakah bisa dilihat atau tidak boleh dilihat oleh publik.

26. Difficulty

Difficulty yaitu angka yang menentukan seberapa sulitnya verifikasi blok dalam jaringan Blockchain.

27. Double Spend

Double spend ialah seseorang yang mencoba mengirim transaksi Bitcoin atau Altcoin yang sama kepada 2 penerima yang berbeda secara bersamaan.

28. Encryption

Encryption yaitu proses mengubah pesan teks ke dalam aliran data (Cipher Text), sehingga terlihat seperti urutan bit acak dan tidak memiliki arti sama sekali. Dalam bahasa awamnya dikenal dengan 'mengodekan'.

29. Ether

Ether atau ETH ialah satuan nilai dari Blockchain Ethereum yang dapat digunakan untuk transaksi, reward penambang, dan layanan lainnya dalam jaringan kripto.

30. Ethereum

Ethereum yaitu platform perangkat lunak terbuka berbasis teknologi Blockhain, memungkinkan Developer menulis Smart Contracts (Kontrak Cerdas), dan membangun serta menerapkan aplikasi terdesentralisasi.

31. Ethereum Classic

Ethereum classic ialah senior dari Ethereum. Ethereum Classic dipisahkan dengan Hardfork karena terjadi insiden DAO pada tahun 2016 lalu.

32. EVM Code

Evm Code yaitu bahasa pemrograman untuk mengisi Blokchain Ethereum. Kode EVM dijalankan setiap kali ada pesan yang dikirim ke suatu akun. Kode ini memiliki kemampuan untuk membaca dan menulis pada media penyimpanan.

33. Fiat Currency

Fiat currency yaitu uang yang dinyatakan sah secara resmi oleh pemerintah untuk memenuhi kewajiban finansial. Contohnya seperti USD atau EUR.

34. Fork

Fork yaitu pembuatan versi alternatif dari Blockchain yang sedang berjalan, dengan memuat 2 blok secara bersamaan pada berbagai bagian jaringan.

35. Gas

Gas yaitu harga yang dikenakan untuk setiap transaksi pada Blockchain Ethereum. Nilai Gas akan meningkat untuk beberapa transaksi yang dilakukan oleh satu Address secara bersamaan.

36. Halving

Halving merupakan penurunan sebesar 50% setiap 4 tahun sekali pada jumlah BTC yang dihasilkan per tahun. Halving terakhir diprediksi akan terjadi pada tahun 2140.

37. Hardfork

Hardfork yaitu perubahan pada protokol Blockchain, agar bisa membuat blok yang sebelumnya tidak valid menjadi valid. Hardfork mengharuskan semua pengguna untuk melakukan update perangkat lunak.

38. Hashcash

Hashcash merupakan sistem Proof-Of-Work yang digunakan untuk membatasi Spam email dan serangan Denial-Of-Service. Baru-baru ini, Hashcash diketahui sebagai bagian dari algoritma penambangan.

39. Hashrate

Hashrate adlah jumlah hash yg bisa dilakukan oleh penambang Bitcoin dan Altcoins dalam jangka waktu tertentu.

40. Initial Coin Offering (ICO)

Sebuah acara untuk mengumpulkan dana bagi proyek startup dalam bidang Blockchain. ICO sering digunakan oleh para pengembang kripto untuk meningkatkan modal dalam pembiayaan proyek yang sedang mereka tangani.

41. Ledger

Ledger merupakan sebuah pusat catatan transaksi yang tidak dapat diubah jika transaksi sudah tercatat.

42. Litecoin (LTC)

Litecoin AdaIah kripto Peer-to-Peer berdasarkan jaringan Proof-Of-Work script. Jika Bitcoin sering disebut sebagai emas di pasar cripto, Litecoin ini dianggap sebagai peraknya. Sebutan tersebut muncul karena struktur Litecoin adalah penyempurnaan dari Bitcoin dan tidak memiliki masalah skalabilitas.

43. Mining

Mining adalah dimana proses untuk verifikasi transaksi agar dapat ditambahkan ke Blockchain. Mining juga dapat diartikan sebagai proses pemecahan masalah kriptografi dgn menggunakan perangkat keras komputer.

44. Multi Signature

Multi signature merupakan Sebuah proses yang memungkinkan beberapa pihak meminta lebih dari satu kunci untuk otorisasi sebuah transaksi. Jumlah Signature (tanda tangan) yang dibutuhkan disepakati pada saat pembuatan alamat Wallet.

45. Node

Node yaitu komputer yang terhubung ke jaringan Blockchain.

46. Peer-to-Peer (P2P)

Mengacu pada interaksi yang terjadi antara setidaknya 2 pihak dalam jaringan yang saling berhubungan.

47. Permissioned Ledgers

Permissioned ledgers merupskan buku besar yang dapat diakses oleh beberapa orang dengan batas-batas tertentu.

48. Private Key

Private key merupakan serangkaian data yang menunjukkan bahwa Anda memiliki akses ke dalam Wallet tertentu. Private Key bisa dianggap sebagai Password, sehingga tentu tidak boleh di ungkapkan kepada siapapun.

49. Proof-of-Authority

Proof Of Authority yaitu mekanisme yang digunakan dalam Blockchain untuk memberikan sebuah Private Key pada klien.

50. Proof-Of-Work (POW)

Proof-of-work atau POW yaitu sistem yang menghubungkan kemampuan mining dengan daya komputasi. Proof-Of-Work mirip dengan lomba. Artinya, semakin besar hashing rate yang dimiliki oleh seseorang, semakin besar pula kesempatan orang tersebut berhasil menghasilkan sebuah blok yang valid.

51. Proof-Of-Stake (POS)

Proof-of-stake merupakan sebuah alternatif dari sistem POW. Dalam sistem POS, setiap penambang akan memiliki hak yang sama. Artinya, ada semacam antrian yang digunakan untuk pembagian tugas proses validasi sebuah transaksi.

52. Protocols

Protocols Adalah kumpulan peraturan formal yg menjelaskn bagaimana proses penyaluran atau pertukaran data berlangsung, terutama dlam jaringan.

53. Ripple

Ripple AdaIah jaringan pembayaran yang dibangun di atas Blockchain dan dapat digunakan untuk mentransfer mata uang apapun. Ripple (XRP) merupakan salah satu Blockchain yang paling banyak diadopsi oleh berbagai lembaga keuangan dunia, karena fleksibilitasnya yang memungkinkan transaksi antar Chain.

54. Scrypt

Scrypy merupakan bahasa alternatif untuk sistem kerja SHA-256. Dirancang sangat ramah untuk penambang CPU dan GPU. Scrypt diadopsi oleh beberapa Altcoin baru seperti Bitcoin Gold (BTG)

55. SHA-256

Sha-256 Adalah fungsi kript0grafi yang digunkan sebagai basis untk sistem operasi Bitcoin.

56. Smart Contracts

Smart contracts merupakan kontrak yang dicatat dalam bahasa komputer. Smart Contracts dapat dijalankan secara otomatis oleh sistem komputer, sehingga tidak memerlukan campur tangan manusia.

57. Softfork

Softfork AdaIah perubahan pada protokol Blockchain dengan hanya merubah blok atau transaksi yang sebelumnya valid menjadi tidak valid. Softfork adalah kebalikan dari Hardfork.

58. Stream Ciphers

Stream ciphers AdaIah salah satu metode yang digunakan untuk enkripsi teks.

59. Token

Token merupakan satuan perhitungan untuk mata uang kripto. Contoh: Budi membeli 3 token BTC kemarin.

60. Transaction Block

Transaction block yaitu kumpulan transaksi pada jaringan Blockchain.

61. Transaction Fees

Transaction fees ialah biaya pada setiap transaksi yang dikirim melalui jaringan Blockchain. Biaya transaksi kelak akan digunakan untuk penambang yang menghasilkan blok relevan.

62. Wallet

Wallet merupakan tempat penyimpanan mata uang digital yang dilindungi oleh Private Key (Password). Untuk dapat membeli atau menjual dengan mata uang digital, seorang investor harus memiliki Wallet terlebih dahulu.

Semoga artikel di atas bisa menambah wawasan anda tentang teknologi mata uang kripto blockchain

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "62 Istilah Dalam Blockchain "

Posting Komentar